because everyone is boring..and because you’re different

10 album terbaik buat saya di 2012 ini


2012 tinggal setu setengah hari lagi. dan di 2012 ini saya banyak berkenalan dengan band dan musik baru. juga band-band yang telah saya ikuti sejak lama mengeluarkan album baru. dan seperti tahun-tahun sebelumnya, saya mencoba membuat kompulasi album-album/EP favorit saya sepanjang tahun 2012 ini, baik yang memang dirilis di tahun ini, maupun yang dirilis sejak lama namun saya baru mendengarnya di tahun ini. mari kita lihat album/EP favorit saya di tahun 2012 ini (in no particular order):

1. Naked and Famous – Passive Me, Aggressive You

Passive Me, Aggressive You

perkenalan pertama saya dengan band asal selandia baru ini adalah ketika saya menonton konser people’s party di awal tahun. saya terkesima dengan penampilan mereka (terutama sekali dengan penampilan sang vokalis—alisa xayalith :p ). ketika pulang saya langsung mencari tahu tentang mereka dan mencari album mereka yang dirilis tahun 2010 ini. dan saya langsung merasa, “dayng kemana saja selama 2 tahun ini belum mendengarkan mereka sama sekali?” dan dengan lagu-lagu yang cukup ngebeat ini, sangat cocok untuk dijadikan lagu yang menemani kita selama di perjalanan.

tiga lagu yang saya suka dari album ini adalah frayed, girls like you, dan punching in a dream. tapi secara keseluruhan, semua lagu yang ada di album ini layak jadi favorit!

dengarkan album mereka di bandcamp mereka.

2. The XX – Coexist

Coexist

inilah salah satu album yang ditunggu-tunggu di tahun 2012 ini. setelah melejit dengan album pertama, the xx kembali dengan album yang tidak kalah menarik. well, mungkin tidak se-happening album pertama (terutama track intro yang luar biasa itu!) tapi tetap saja album baru mereka sangat cocok untuk menamani kita bersantai di kala sore hari yang cerah (dan juga gerimis) berkat suara romy croft dan oliver sim yang dreamy, juga petikan gitar dan bass mereka yang sangat khas itu, plus ketukan drum yang sangat pas dari jamie xx. benar-benar soundtrack yang pas untuk bersantai di pinggir pantai.

lagu-lagu yang saya rekomendasikan dari album ini adalah sunset, swept away, dan tides.

sayangnya saya tidak menemukan tempat untuk menstream album baru mereka, tapi bisa dengarkan preview album coexist di itunes store.

3. Crystal Castles – (III)

(III)

dan inilah band electronic yang saya tunggu di tahun 2012 ini: crystal castles! duet alice glass dan ethan kath memang tidak pernah mengecewakan saya. lagu-lagu yang ada di album baru ini memang terdengar lebih dark dibanding dengan dua album mereka sebelumnya, tapi tetap saya akan membuat kita bergoyang (atau headbanging?) mengikuti hentakan musik mereka. dan ketukan drum yang lebih variatif dan vokal alice yang masih bersemangat (terutama affection dan plague) di album ini membuat album (III) menjadi album favorit saya sepanjang 2012 ini.

dengarkan favorit saya ini: plague, affection, dan pale flesh. tapi lagu-lagu yang lain pun tidak akan kalah menghentak indera pendengaran anda!

dengarkan album mereka di situs bandcamp.

4. Vangelis – ost. Blade Runner

Blade Runner

inilah salah satu album yang yang beberapa lagunya pas untuk menemani saat-saat sendu saya. komposer bernama asli evangelos odysseas papathanassiou ini memang pandai membuat scoring musik yang bisa bikin kita tersayat-sayat (juga mengisi beberapa lagu untuk soundtrack “stranger than fiction”).bayangkan lagu-lagu seperti memories of green dan love theme, didengarkan di pinggir pantai di malam hari atau sambil menatap lampu-lampu gedung yang berpendar di malam hari. romantis tapi menyedihkan… album yang dirilis kembali di tahun 1994 ini sangat pas mengisi film blade runner.

favorit saya adalah love theme, memories of green, dan blade runner blues.

dengarkan lagunya di grooveshark.

5. Sleep Party People – We Were Drifting On a Sad Song

We Were Drifting On a Sad Song

dan yang berikutnya hadir di list saya adalah project dari brian batz bernama sleep party people. band shoegaze/slowcore/dreampop ini sudah hadir dengan album keduanya yang tidak kalah dreamy. di album keduanya yang menurut saya kauh lebih “ceria” dibanding album perdana mereka, masih dengan ciri khas suara dreamy dari brian batz dipadu dengan musik seperti cocteau twins bertemu dengan m83 dan juga dengan aksi panggung para kelinci yang unik ini, sleep party people akan membuat kalian mengawang-awang.

dengarkan favorit saya yang berjuduk chin, a dark god heart, dan gazing at the moon.

simak albumnya di bandcamp mereka!

6. Dumbo Gets Mad – Elephants At The Door

Elephants At The Door

nah di nomer 6 saya memasukkan band psychedelic rock asal italia bernama dumbo gets mad. jarang-jarang saya mendengar musik spychedelic, tapi band ini menyita perhatian saya ketika secara tidak sengaja sedang main-main di bandcamp. dan seperti layaknya band psychedelic lainnya, lagu-lagu mereka mengajak kita berimajinasi yang liar dan penuh warna (apalagi jika sambil *cough cough-ngebaks atau ngeshroom-cough cough*). dengarkan dan persiapkan diri anda menuju fantasi terliar anda!

favorit saya adalah self esteem, electic prawn, dan marmalade kids.

coba dengarkan musik mereka di bandcamp.

7. MonoChromatic – Hear it Feel it Ignore it (EP)

Artwork by Ficky

akhirnya, band indonesia di list saya! band trip-hop asal bogor yang bernama monochromatic ini jadi favorit saya di tahun 2012 ini berkat lagu “song for you” yang jadi soundtrack hidup saya ketika patah hati belum lama ini. suara sang vokalis—dita, yang trippy (dan sekilas di beberapa lagu masih berusaha mengikuti bjork—but hey, penyanyi mana yang tidak terpengaruh sama bjork?) ini menghipnotis saya. terutama di lagu dip in sweet (hey lagu ini nampaknya pas untuk bercinta!). mari berharap di 2013 full album mereka bisa keluar. godspeed!

favorit saya di album ini adalah dip in sweet, song for you, dan immobility.

dengarkan lagu mereka di reverbnation. hmm, mereka harus segera membuat page di bandcamp nih.

8. Grimes – Visions

Visions

grimes! penyanyi bernama asli claire boucher ini sudah beberapa saat terakhir dianggap menjadi the next big thing, dan siapa yang tidak setuju dengan hal ini? wanita penuh talenta ini menggabungkan berbagai macam unsur dalam musiknya, dari industrial, electronic, synthpop, dark wave, dipadu dengan suaranya yang dreamy namun “menggemaskan.” dan di albumnya yang ketiga ini, musiknya menjadi lebih dewasa dan lebih bisa dinikmati dibanding dua album sebelumnya yang masih kental dengan unsur experimentalnya. terlalu hipster? boleh saja dibilang begitu, tapi apapun perkataan orang, musiknya telah mewarnai hidup saya di tahun 2012 ini.

coba dengarkan oblivion, genesis, dan nightmusic.

dengarkan album visions di grooveshark.

9. Purity Ring – Shrines

Shrines

satu lagi band keluaran 4AD yang saya ikutin. band/duo asal kanada purity ring. album yang juga diklaim sebagai salah satu album terbaik 2012 di berbagai blog musik ini memang punya lagu-lagu yang asyik. baik ketukan drum dari synthnya corin roddick dipadu suara megan james yang dreamy membuat mereka jadi terobosan baru dalam dunia permusikan saya. tapi saya kurang paham bagaimana mereka bisa dibilang band dengan musik post-dubstep? apa pula itu?

coba dengarkan lofticries, fineshrine, dan amenamy.

dan dengarkan musiknya di grooveshark.

10. Juicy Presents (Various Artist) – Sunrise Blend 2

Sunrise Blend 2

nah inilah salah satu album chill out favorit saya. kompilasi dari juicy (label rekaman dari perancis) yang spesialisasinya adalah mengeluarkan kompilasi musik-musik chill out/chillwave/classic hip-hop untuk menamani kita bernostalgia (ini seperti mengdengarkan radio di game gta: vice city). sangat pas didengarkan ketika sedang mengendarai mobil bersama pasangan anda di tengah malam yang gerimis dan dengan lampu-lampu kota yang berpendar menamani perjalanan anda supaya baik jalannya. ahh ini jadi membawa kenangan lama lagi…

favorit saya di album ini adalah groovin’ in heaven, eternally, dan forever love.

mari bernostalgia bersama dan dengarkan musiknya di bandcamp!

itulah 10 album yang jadi favorit saya di 2012 ini. sebenarnya masih banyak album lainnya, tapi inilah album-album yang setia menemani saya baik di itunes maupun di ipod saya. mudah-mudahan list saya bisa membuat anda tertarik dan mari berharap di 2013 akan muncul lebih banyak lagi album-album yang hebat dan berkesan! godspeed!

Now Playing: Luxar – Sunrise Blend 2 – Eternally

Leave a Reply

