because everyone is boring..and because you’re different

10 album favorit saya di 2011


inilah 10 album favorit saya selama tahun 2011 ini. list ini bukan hanya album yang baru keluar di 2011 saja, tetapi album yang menemani sebagian waktu saya selama setahun terakhir. tanpa berbasa-basi lagi inilah listnya (in no particular order):

1. metronomy – english riviera

band electronic satu ini menjadi salah satu favorit saya di tahun ini setelah mendengar hits mereka heartbreaker dari album lawas mereka “nights out.” setelah itu saya googling tentang mereka dan mendapati album terakhir mereka yang sangat keren bernama the “english riviera” yang sangat keren ini. ah, saya jadi tidak sabar untuk melihat konser mereka di awal januari besok…

favorit saya: the bay, everything goes my way, dan the look.
dengarkan musik mereka disini dan websitenya disini.

 

2. future trends – dangers of the night

nah ini salah satu band favorit saya di penghujung tahun 2011 ini. band chillwave/disko/electronic yang hanya digawangi 1 orang ini (andrew clack) telah menghibur saya dengan musiknya yang dreamy dan menemani kesendirian saya di malam hari. sangat cocok didengar ketika berkendara di tengah malam di bawah temaramnya lampu kota dan rintik hujan…

favorit saya: dangers of the night, moonraker, looking into the light.
dengarkan musiknya disini dan lihat websitenya disini.

3. the kills – blood pressures

duo rock ini kembali menggebrak ipod saya tahun ini dengan album terbaru mereka “blood pressures.” Suara VV masih tetap garang dan seksi ditambah pula raungan gitar Hence yang masih membuat saya menyesal kenapa saya tidak bisa bermain gitar…

favorit saya: future starts slow, satellite, dna.
dengarkan musik mereka disini dan liat website mereka disini.

 

4. austra – feel it break

 

band satu ini awal mulanya mengingatkan saya kepada florence + the machine. Bagaimana tidak, dengan kekuatan suara ala opera sang vokalis-katie stelmanis siapapun akan langsung teringat dengan suara florence welch. tapi tidak hanya vokal unik katie stelmanis saja, musik mereka pun sukses menghipnotis saya…

favorit saya: beat and pulse, lose it, the noise.
dengarkan musiknya disini dan cek website mereka disini.

 

5. danger mouse & daniele luppi – rome

musisi/producer/penulis lagu bernama asli brian burton atau terkenal dengan nama panggungnya danger mouse ini sungguh luar biasa. selain itu dia juga membentuk gnarls barkley bersama cee loo dan juga band indie kerena lainnya, broken bells. tapi kali ini saya memilih album dimana danger mouse bekerja sama dengan daniele luppi membuat sebuah album yang sangat menarik, dengan dibantu oleh jack white dan norah jones yang cocok menemani sore selepas hujan…

favorit saya: season’s tress, the world, morning frog.
dengarkan musik mereka disini dan lihat website mereka disini.

 

6. towa tei – sunny

towa tei kembali lagi dengan album teranyarnya di 2011 ini dengan album bernama “sunny.” dj elektronik asal jepang ini kembali berkolaborasi dengan beberapa artis lainnya, diantaranya miho hatori (punggawa band trip-hop cibo matto) dan mitsuke koike. album ini cocok sekali didengarkan ketika akhir pekan dan berada di mobil menuju pesta…

favorit saya: teenage mutants, the burning plain, get myself together.
dengarkan musiknya mereka disinidan cek websitenya disini.

 

7. toro y moi – underneath the pine

chazwick bundick aka toro y moi ini adalah salah satu pengusung chillwave. berkat dialah saya mengetahui adanya genre chillwave dan band-band macam kisses, millionyoung, neon indian, blackbird blackbird, dan lainnya. di tahun 2011 ini toro y moi kembali bereksperimen dengan musiknya dengan unsur funk yang lebih kental. ah sound 80s memang luar biasa…

favorit saya: divina, new beat, how i know.
dengarkan musik mereka disini dan cek blognya disini.

 

8. jay-jay johansson – spellbound

ahhhh, tidak lengkap rasanya bicara soal galau jika kita tidak menyertakan  penyanyi asal swedia satu ini. jika adele dan hitsnya someone like you dianggap sebagai theme song galau tahun ini, saya sarankan jangan mendengarkan album ini jika tidak ingin garuk-garuk aspal… dengan suara khasnya dipadu yang dreamy dan musik trip-hop plus lirik yang menyayat, siapapun bisa menguras air mata dan tanpa sadar ambil tali gantungan buat bunuh diri…

favorit saya: shadows, blind, on the other side.
coba dengarkan musiknya disini dan cek websitenya disini.

 

9. kisses – the heart of the nightlife

satu lagi band chillwave yang akan membuat kita bernostalgia dan membawa kita kembali ke masa muda dulu. duo jesse kivel and zinzi edmundson asal amerika ini teman seperjalanan saya selama awal tahun 2011 ini, dan lagu-lagunya membuat setiap hari seakan-akan seperti akhir pekan yang cerah dan anda bersantai/berjemur di pinggir kolam sambil menyeruput cocktail kesukaan anda dengan ditemani wanita-wanita cantik. cocok didengar ketika anda lelah dengan pekerjaan sehari-hari dan membuat anda relax serta tidak sabar menyongsong akhir pekan yang indah.

favorit saya: people can do the most amazing things, kisses, women of the club.
coba dengarkan musik mereka disini dan simak website mereka disini.

 

10. kitsune maison – compilation 9 & 10

kitsune adalah label rekaman dan label fashion terkemuka dari perancis yang didirikan oleh gildas loaec dan masaya kuroki. untuk label rekamannya, mereka mengeluarkan berbagai macam kompilasi band-band yang berada di bawah naungan mereka seperti kitsune maidon, kitsune midnight, kitsune love, dan lainnya. nah yang saya pilih disini adalah kitsune maison edisi 9 dan 10 (karena saya tidak bisa memutuskan mana yang lebih baik). 2 album kompilasi inilah yang membuka telinga saya terhadap band-band baru dari semua penjuru dunia, seperti the twelves, is tropical, strange talk, young empires, the aikiu, teeth, cascadeur, your nature, dan masih banyak lainnya. juga dengan band-band yang sudah duluan saya kenal, seperti hot chip, towa tei, phoenix, blok party, chew lips, la roux, digitalism, cut copy, dan masih banyak lagi lainnya. tahun 2011 ini saya harus banyak berterima kasih dengan kitsune nampaknya…

favorit saya: cascadeur – walker, your nature – forwards motion, young empires – glory of the night, strange talk – climbing walls, jamaica – short and entertaning, dan french soler – stop and stare.

 

demikianlah 10 album yang sangat berkesan bagi saya selama setahun terakhir ini. mudah-mudahan bisa menginspirasi anda semua.

ini 10 album favorit saya, apa album favorit kalian?

Now Playing: Foals – Antidotes – The French Open


Leave a Reply

