because everyone is boring..and because you’re different

4 anime dramatis yang menemani saya di weekend kemarin


akhir pekan kemarin dihabiskan dengan melahap 4 anime yang luar biasa. dengan tema cinta dan persahabatan, anime ini tidak terlihat cengeng dan seperti khasnya film-film jepang/asia, punya beberapa ending yang tidak biasa atau bisa disebut tragis. 3 dari 4 anime yang saya lihat punya kesamaan tema: cinta, walaupun tidak dibungkus dengan romantisme ala hollywood, tapi tetap saja membuat saya sedih. ternyata anime yang romantis tragis bisa dibungkus ddengan berbagai macam tema, seperti long distance relationship (secara harfiah, karena jarak yang memisahkan mereka bukan hanya kilometer, tapi tahun cahaya! untuk mengirim email saja butuh 8 tahun untuk sampai ke pasangannya!) dan cinta antar waktu! oke, kita lihat anime-anime apa saja yang saya lihat kemarin:

image
1. summer wars. untuk yang kesekian kalinya saya menonton anime ini. anime terbaik 2009 karya mamoru hoshada ini bercerita tentang seorang remaja laki-laki bernama kenji koizo yang jago matematika dan nyaris menjadi perwaiklan jepang dalam olimpiade matematika yang diajak berlibur oleh kakak kelasnya natsuki untuk merayakan ulang tahun nen2knya yang ke-90. ternyata kenji diperkenalkan oleh natsuki ke keluarganya sebagai tunangannya, yang membuat kenji sangat terkejut namun tidak bisa menolak.

di jepang, ada dunia virtual bernama oz (seperti facebook dengan segala macam layanannya) yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat bahkan sampai semua instansi mempunya akun oz. sampai ketika kenji hendak tertidur di rumah keluarga natsuki, dia mendapat email misterius yang berisi angka-angka dan meminta kenji memecahkannya. setelah beberapa saat, kenji berhasil memecahkan kode tersebut. namun tidak disangka-sangka ternyata kode tersebut adalah kode keamanan oz yang sangat rahasia dan sangat sulit dipecahkan. maka sang cracker tersebut yang mengirimkan kode misterius itu ke kenji memnafaatkan kode rahasia tersebut untuk mengacak-acak oz dan kehidupan di dunia nyata (karena semua terhubung via oz). dimulailah pertarungan di musim panas terpanas di jepang untuk menyelamatkan dunia oz dan dunia nyata dari kehancuran sekaligus memulihkan nama baik kenji yang sempat jadi buronan..

info tentang summer wars dari wikipedia

trailer dari sini via encorefilmsSG

image
2. 5 centimeters per second. anime keluaran 2007 yang terbagi dalam 3 chapter ini bisa dibilang merupakan karya terbaik dari makoto shinkai. 5 centimeters per second itu konon adalah kecepatan bunga sakura saat jatuh beguguran. dengan cerita dan background art yang sangat mengagumkam anime ini bisa dibilang salah satu anime terbaik yang pernah saya tonton sekaligus bisa membuat saya sedih. dan satu hal yang bisa dipelajari dari anime ini adalah jangan sampai masa lalu menganggu kehisupan di masa kini dan masa yang akan datang. lupakan, dan jalani saja hidup sebaik-baiknya..

memorable quote: “at what speed must i live… to be able to see you again?”

info tentang 5 centimeters per second dari wikipedia

video dari sini via Jartsi12 

image
3. voices of distant star. satu lagi anime dari makoto shinkai yang dibuat dan diproduksi sendiri melalui macintosh miliknya. bercerita tentang sepasang kekasih mikako nagamine dan naboru terau yang terpisah jarak yang jauh (bukan hanya kilometer, tapi tahun cahaya!) dan mereka berkomunikasi via email. mikako nagamine yang merupakan pilot dari tracer (mecha yang dimiliki bumi untuk melawan alien tarsian di luar angkas) dan mempunya misi untuk mengeksplorasi jagad raya demi mencari tarsian. sementara naboru tinggal di bumi. dengan semakin jauhnya misi yang dijalani oleh makoto maka semakin lama pula waktuyang dibutuhkan untuk mengirim email kepada naboru. bisa dilihat dari email yang dikirmkan oleh makoto yang semula hanya butuh beberapa saat sampai akhirnya butuh 8 tahun untuk mencapai bumi dimana naboru berada. bagaimana jarak dan waktu memisahkan mereka, dan membuat diri mereka masing-masing menjadi ragu apakah mereka bisa bertahan..

memorable quote: “since middle school, we probably only saw each other… but a distance that takes eight years at the speed of light, is no different than saying, ”forever.””

info tentang voices of distant star dari wikipedia

video diambil dari sini via suuchi

image
4. the girl who leapt through time. apa yang anda lakukan jika anda bisa “pergi” ke masa lalu? makan puding yang dimakan duluan oleh adik anda? bisa tidur lebih lama? atau menghindar dari pertanyaan “ will you go out wih me”? apapun itu, makoto konno suatu hari mendapat “keajaiban” dimana dia bisa pergi ke masa lalu dan mengulangi hari lagi atau yang disebut time leap. tapi time leap juga berarti ketika anda memperbaiki sesuatu ada kesedihan buat yang lain..

anime ini merupakan anime terbaik di tahun 2006 juga merupakan karya director summer wars, mamoru hoshada. juga mempunyai soundtrack yang apik dari kiyoshi yoshida.

memorable quote: “Sometimes all it takes to fall in love is the guts to try”

info tentang the girl who leapt through time dari wikipedia

video dari sini via lokasenni

setelah menyaksikan 5 cm per second, jadi teringat kembali kenapa saya tergila-gila dengan anime/film jepang. karena mereka realistik. tidak seperti (kebanyakan) drama hollywood yang (biasanya) happy ending, film/anime jepang (biasanya) punya akhir "menyakitkan" dan tragis. dan walaupun jelas2 sci-fi seperti neon genesis evengelion sekalipun, saya masih merasakan ada kenyataan disitu. meskpun pahit…

dan sekali lagi, fiksi buat saya terasa lebih nyata dibandingkan kenyataan yang saya hadapi..

Now Playing: tiger baby – lost in you – shy

Advertisements

9 responses

  1. dherydhey

    Please brother.. i need those anime..

    i need it so bad !! it’s so addictive !!

    July 19, 2010 at 11:11 pm

  2. maur si caur

    makanya ke rumah gue donk!

    July 20, 2010 at 10:31 pm

  3. dari ke4 animasi mana yg mnurut lo bagus?? gue baru nontn yg 5 cm/second….sukses mengaduk aduk emosi

    October 8, 2012 at 10:17 pm

    • maur si caur

      selain 5 cm, tentu saja summer wars! itu anime yang keren banget! pantes jd anime terbaik deh di 2009!

      October 8, 2012 at 10:29 pm

  4. Cupau

    SAO menurut Kk dramatis ga??

    April 11, 2013 at 10:41 pm

    • maur si caur

      sword art online?

      April 11, 2013 at 11:00 pm

  5. sepran

    5centimeter per secondnya luar biasa..
    Kalau aku saranin sih ya.. Film ini tidak direkomendasikan bagi orang yang masih mencintai masa lalunyam..

    *dapat menyebabkan galau berkelanjutan

    Ampe 2 minggu kepikiran ceritanya..
    Sampe akhirnya berhenti galau karena akhirnya tau arti sebenarnya dari senyuman Takaki di akhir scene..

    The incredible love story

    July 21, 2013 at 5:46 am

  6. F

    sekedar sharing gan !!
    kalo lagi iseng iseng nih download anime “Ano Hana” , mudah mudahan tidak terjadi banjir air mata ^_^

    October 2, 2013 at 1:44 am

  7. wahjoe

    bner tu *Ano Hana* keren banget

    June 1, 2014 at 10:48 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s