because everyone is boring..and because you’re different

sejarah hanya mencatat jumlah TITLE yang dimenangkan, bukan berapa kali anda menjadi sekadar penantang juara


baru keingatan tadi siang baca salah satu komentar pembaca di situs bola.kompas.com berkaitan dengan pertandingan arsenal versus manchester united yang dimenangkan oleh maanchester united. pembaca ini jelas pendukung setia sampai mati untuk arsenal, tapi sangat menarik melihat komentarnya yang mengatakan bahwa percuma saja menjuarai liga tapi clubnya bangkrut. bisa menang karena membeli pemain-pemain mahal. dan mengatakan untuk meniru arsenal yang tetep untung (?) (mungkin asumsinya karena menggunakan pemain binaan dari akademi sendiri?) dan selalu masuk 4 besar. oke. saya termenung sebentar..

…long pause…

kesunyian itu terpecah oleh tawa sinis saya.. W.T.F? suatu komentar yang aneh, mengingat MU (manchester united, bukan mortar utama) adalah tim besar yang menjuarai liga inggris 3 berturut-turut dan mengoleksi 1 gelar juara liga champions dalam 5 tahun terakhir. meskipun MU sedang dihantam krisis keuangan (yang mana ini juga mendera banyak klub-klub besar di eropa, terutama di inggris) dan punya hutang yang sangat besar tapi itu tudak bisa dikatakan bangkrut. mereka tetap bisa berjuang (walaupun entah bagaimana mereka menghadapi peraturan uefa di tahun 2011 nanti yang mengatakan semua klub harus seimbang keuangannya jika ingin tampil di pentas eropa).

ketika dia bilang menggunakan pemain mahal adalah salah satu syarat untuk menang juga tidak ada benarnya jika tidak diimbangi dengan kemampuan pelatih dalam meracik strategi tim. cuma karena mereka menggunakan pemain binaan sendiri bukan berarti mereka selalu untung. ingat dulu mereka terpangkas pendapatannya karena sebagian besar untuk membiayai pembangunan stadion baru, yang membuat wenger berpaling ke pemain muda karena terbatasnya dana dan akhirnya membuat dia kecanduan sampai sekarang (yang mana ini menjadi salah satu bumerang buat wenger karena jurangnya sosok berpengalaman di tim ini).

dan ini yang paling menggelikan: bangga karena arsenal konsisten masuk 4 besar liga inggris. ya, itu bagus dan prestasi membanggakan-buat tim papan tengah yang sedang berjuang untuk naik kelas ke “4 besar”, bukan untuk klub sebesar arsenal! itu justru memalukan, bertahun-tahun tanpa gelar primer (terakhir merebut gelar juara liga inggris musim 2003-2004 dan juara piala fa pada musim 2004-2005, sumber: wikipedia), dan cuma bisa meraih beberapa posisi runner up dalam 4 tahun terakhir ini. apa yang bisa dibanggakan? cuma kebanggaan semu jika konsisten jadi anggota “4 besar” yang dikedepankan. semua orang juga tahu bahwa jika anda memimpin sebuah tim besar yang mempunyai reputasi sejarah yang mengagumkan, jumlah fans yang fantastis, stadion modern nan megah, dan squad yang menjanjikan, maka pengharapan orang lain adalah anda membawa tim anda untuk menjuarai kopmpetisi! bukan cuma sebatas posisi 4, 3, atau runner up sekalipun (seperti yang sangat dibangga-banggakan oleh liverpool, rafael benitez, para pemain, dan para pendukungnya di akhir musim kemarin dan awal musim ini). jadi saya bertanya-tanya, sejauh apa para pendukung arsenal mendukung slogan terkenalnya “in wenger we trust!”. karena jika wenger hanya bisa konsisten “hanya” di “4 besar” dan memajukan “pemain mudanya”, sampai sejauh mana para fans arsenal akan bersabar?

sekali lagi saya tekankan: sejarah hanya mencatat jumlah TITLE yang dimenangkan, bukan seberapa konsistennya tim anda masuk “4 besar” dan beberapa posisi runner up. buat apa anda punya sejarah yang luar biasa (terutama liverpool) jika anda tidak bisa meraih kejayaan di masa sekarang, punya squad yang bisa bermain dengan sangat cantik tapi tidak punya mental juara, punya stadion megah nan modern tapi tidak memberikan atmosfer menakutkan bagi tim lawan dan sepi trophy, dan penggemar fantastis yang bertaburan di seantaro muka bumi jika tidak bisa memberikan mereka gelar juara? kalau kata orang luar: it’s totally BS! jadi segera sadarlah, dan jadilah pendukung yang rasional dan menggunakan logika, jangan sampai menjadi fanatis berlebih seperti para bonek-bonek yang malah marahmarah tim kesayangannya persebaya surabaya dihukum padahal itu semua gara-gara ulah bonek…

saya bukan pendukung MU, bukan anti arsenal, juga bukan penyuka chelsea, dan apalagi bukan pembenci liverpool. saya mengagumi keempat tim tersebut dengan caranya masing-masing (karena permainannya tentu!). saya cuma mengajak para pencinta bola untuk mrnikmati permainan ini, dan dukung kesebelasan anda dengan semangat tapi juga dengan logika, tanpa memandang remeh tim lain dan mencela-cela tidak penting tim lain yang menjadi saingan tim anda. mungkin benar juga apa kata gus dur dulu yang bilang bahwa para angggota DPR/MPR masih TK. lah, wakil rakyatnya saja masih TK, apalagi rakyat lainnya…

jika ada yang tersinggung dengan tulisan ini saya mohon maaf, bukan untuk bermaksud menggurui dan sok pintar (karena saya juga masih suka terbawa emosi bila tim favorit saya-ac milan dicela-cela) apalagi menghina dan mencela, tapi sekadar untuk mengingatkan untuk bersama-sama menjadi pendukung bola yang pintar dan bijak!

salam sepakbola! forza milan! maju terus sepakbola (dan pendukungnya) indonesia!!!

Now Playing: melancholic bitch – Last.fm free recommended downloads for third_child’s – Mars Penyembah Berhala

2 responses

  1. Randy Taher

    tulisannya kecil2 amat cuy… susah dibacanya hehe YNWA lah!

    May 23, 2010 at 3:20 pm

    • maur si caur

      sori bos, udah dari sananya nih tulisannya segini. hehe..

      May 23, 2010 at 9:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s