because everyone is boring..and because you’re different

10 penyanyi wanita favorit saya (setidaknya beberapa tahun terakhir ini)


okey setelah vakum sekian lama, top 10 musik saya muncul kembali! tapi sekarang saya rubah menjadi top 10 list saya, karena belum tentu semuanya berhubungan dengan musik, bisa saja makanan, mainan, atau top 10 wanita idaman saya Smug! untuk edisi kali ini saya akan mengulas 10 penyanyi wanita favorit saya yang mana saya selalu terpesona dengan kehadiran penyanyi-penyani wanita di bawah ini.. kebanyakan dari mereka adalah penyanyi dengan suara bertipe dreamy, renyah, nan memabukkan. inilah mereka (dalam urutan acak):

1. Luísa Hanae Matsushita atau yang biasa dikenal dengan nama Lovefoxx adalah vokalis dari band cansei de ser sexy (CSS) yang berarti: tired of being sexy. wanita asal brazil yang juga keturunan jepang ini mempunyai suara renyah, namun manis dan langsung membuat saya jatuh hati pada saat pertama kali mendengarnya. ditambah lagi dengan aksi panggung pada saat live yang fantastis. selalu tampil hebring dan menggunakan kostum yang luar biasa anehnya…penampilannya selalu enerjik, dan berimbas juga dengan musik+suaranya, membuat saya selalu ingin bergoyang setiap kali mendengarkan lovefoxx bernyanyi. pada tahun 2007, lovefoxx masuk nomor 3 dalam NME’s cool list.

1 lovefoxx ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

2. Alice Glass, vokalis dari band experimental-electronic-chiptune-noise, crystal castles asala kanada. wanita ini jelas masuk dalam list saya, selain karena suranya yang emang gokil, juga aksi panggungnya yang hebat. dengan musik “keras” ala crystal castles dan suara yang “kacau” dari alice glass, membuat band ini terkesan liar.. dan tipe wanita cuek seperti ini memang kedemenan saya.. walaupun kehidupan pribadinya juga bisa dibilang kacau. pada tahun 2008 dia menduduki peringkat teratas NME’s cool list.

2 alice glass ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

3. Irene Irin (Irene Yohanna) satu-satunya penyanyi lokal yang masuk list saya, dari band trip-hop dalam negeri: everybody loves irine. pertama kali mendengar band/penyanyi ini secara tidak sengaja. 3 tahun lalu saya dikirimin dvd musik-musik lokal dari teman saya yang mana di dalamnya termasuk juga everybody loves irine. anda percaya cinta pada pendangan pertama? nah, suara Irine membuktikan hal itu kepada saya. dengan album demo yang masih kasar tapi sudah menenggelamkan ditambah lagi dengan suara galai dari irine, saya jadi paham kenapa band ini bernama everybody loves irine..ya karena semua yang mendengar langsung tersihir..di album kedua mereka, kualitas vokal irine makin membuat saya tercengang saking dashyatnya. saya ingat sekali pada saat menonton konser mereka di javarockingland  2009 kemaren, ada bule di sebelah saya yang tidak henti-hentinya memuji mereka! sungguh luar biasa! ada yang bilang bahwa musik ELI dan suaranya irine meniru portishead, tapi menurut saya itu wajar-wajar saja, tapi irine telah mebuktikan kualitas suaranya dan membuat kita semua jatuh cinta..everbody (does) loves irine..

3 irene yohanna ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

facebook Irene Irin disini

4. Yuki Chikudate, vokalis band shoegaze-dreampop Asobi Seksu (yang berarti Sex is Fun) dari amerika. awalnya saya masih belum begitu ngeh dengan band ini, tapi setelah secara tidak sengaja mendengar album akustik mereka, saya baru tersadar dan akhirnya mulai jatuh cinta pada band ini, terutama oleh suara dari Yuki.. di album akustik ini, suara yuki benar-benar menenangkan dan akhirnya saya bisa menyimak lebih mendalam lagi band tersebut..wanita asal jepang ini punya suara yang pas untuk menemani saya tidur.. Tongue. dan album mereka menjadi salah satu album favorit saya tahun ini.

4 yuki chikudate  ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

5. Beth Gibbons dari portishead. nah ini dia band yang memperkenalkan saya pada dunia trip-hop.. penyanyi asal inggris ini punya kualitas suara yang saking dashyatnya seakan-akan menjadi patokan bagi vokalis trip-hop di seluruh dunia. semua band trip-hop dengan penyanyi perempuan biasanya akan dibanding-bandingkan dengan portishead dan beth gibbons…termasuk di dalamnya sneaker pimps yang mengganti vokalisnya karena tidak mau dianggap menyamai portishead, hooverphonic, dan juga band lokal yang kata sebagian kritikus lokal adalah imitasi dari portishead dan beth gibbons. walaupun usia sudah memasuki kepala 4, tepatnya 44 tajun tapi masih mempunyai suara galau nan memukau..bisa dilihat dari album terakhir mereka uang dirilis tahun 2008 lalu-Third, bahwa beth gibbons tidak kehilangan suara khasnya… yang paling saya suka adalah lagu sourtimes yang dibawakan pada saat portishead live di Roseland NY, betapa lagu itu berubah menjadi sangat kelam dan galau dan semua emosi campur aduk disitu..spektakuler!

5 beth gibbons ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

6. Elisabeth Fraser, vokalis band dreampop-shoegaze asal inggris: cocteau twins. punya suara yang dreamy khas 80an akhir dan 90an awal yang membuat kita mengkhayal berada di dunia lain..juga bertanggung jawab membuat saya jatuh cinta pada musik trip-hop karena koloborasinya dengan dedengkot trip-hop inggris massive attack di lagu teardrops.. benar-benar membuat pikiran saya mengawang kemana-mana…

6 elizabeth fraser ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

7. Karin Dreijer Andersson, vokalis band elektronik asal swedia bernama the knife, juga solo karir dengan sebutan fever ray, dan perkenalan pertama saya pada saat dia tampil bersama royksopp di lagu “what else is there”, dan di album royksopp yang terkini di lagu “tricky,” dan “this must be it.” perempuan ini punya suara yang unik, terkadang cempreng tapi juga sekaligus menghipnotis orang dengan suaranya yang agak-agak mistis bagi telinga saya. semenjak di lagu “what else is there” saya sudah penasaran dengan wanita ini, dan saya baru benar-benar tersentak setelah mendengarkan keseluruhan album fever ray.. disitu karin menumpahkan semua kreatiftasnya, termasuk dalam penggunaan voice changer di lagu-lagunya..  benar-benar memikat perhatian saya, karena jarang-jarang saya mendengar ada penyanyi wanita yang bersuara gelap, dalam, dan bisa berubah-ubah seperti karin dreijer andersson, karena mendengar karin bernyanyi langsung membuat saya mengkhayal di dunia hitam-putih yang kelam dan mencekam, atau seperti menonton film horror noir jaman dulu kala yang membuat kita bergidik.

7 Karin Dreijer Andersson ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

8. Suzanne Perry, vokalis band ethereal-dreampop lawas yang terkenal di kalangan penikmat musik ini di era 90an: love spiral downwards. suzanne perry memberikan pengertian terhadap ethereal voice atau bisa disebut juga heavenly voice…karena suaranya yang membuat kita terbang, seperti layaknya mendengar suara peri dari negeri antah berantah. ditambah lagi dengan musik dari love spiral downwards yang bisa membuat kita menenangkan diri (walalupun untuk sebagian orang musik mereka dibilang menyeramkan, bahkan salah satu teman saya menghapus album loves spiral downwards dari komputernya karena takut-berlebihan bukan?). awal oerkenalan dengan suzanne perry dari lagu love spirals downwards yang berjudul stir about the star, dan benar saja intro lagu tersebut membuat saya merinding karena nuansa ethereal darkwavenya berasa banget di lagu itu, tapi setelah suzanne perry mulai bernyanyi, nuansa mencekam langsung tergantikan dengan suasana yang menenangkan… sungguh luar biasa! dan sekarang lagu-lagu dari love spiral downwards telah resmi menjadi lagu pengantar tidur sehari-hari saya karena sangat menenangkan…

8 suzanne perry ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

9. Siobhan De Maré, penyanyi band trip-hop asal inggris: mono dan sekarang berkolaborasi dengan robin guthrie (ex-cocteau twins) membuat band dreampop: violet indiana. pertama kali mendengar suara siobhan de mare dari lagu mono yang menjadi soundtrack film “great expectation” dengan lagu “life in mono” yang langsung membuat saya jatuh hati. setelah mono bubar, siobhan bergabung dengan eks pentolan cocteau twins, robin guthri dan membentuk band yang mencampur aduk elemen suara trip-hop dari siobhan de mare dan raungan gitar khas shoegaze-dreampop dari robin guthrie, maka lahirlah “violet indiana.” di band ini, musik dreamy ala cocteau twins disandingkan dengan suara galaunya siobhan, maka jadilah band yang luar biasa dreamy tapi kelam. simak lirik dari lagu “jailbird”: having the best day of my life until the day I met you..

9 siobhan de mare ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

10. Alison “VV” Mosshart, penyanyi produktif asal amerika ini memberikan arti sebenarnya vokalis punk + rock n roll wanita bagi saya. pada awalnya dia tergabung di band punk asal amerika: discount.. setelah band ini vakum,alison membentuk band alternative rock n roll bersama jamie “hotel” hince (dimana pertemuan mereka terjadi secara tidak sengaja) bernama “the kills.” waktu pertama kali melihat video klip the kills yang berjudul “balck ballon” saya langsung jatuh hati dengan musik mereka dan terutama dengan suara alison yang galau namun ngerock di lagu itu..juga di lagu berikutnya yang berjudul “cheap and cheerful” terasa sekali suara kerennya alison..tapi yang paling menghentak saya adalah ketika tidak sengaja saya mendengar cover version lagu “crazy” milik patsy cline yang dibawakan dengan sentuhan selera rock masa kini..aaaaah, lagu ini seakan-akan menjadi lagu tema saya tahun ini…dan saya makin jatuh cinta dengan penyanyi yang selalu merokok dan ngebir di setiap aksi panggungnya ini…dari sekian banyak band yang dia tergabung dalamnya (discount, the kills, tampil duet the recounters, dan the dead weather), penampilannya bersama jamie hince di the kills lah yang paling memikat saya…

10 alison mosshart ps

info: darisini

dengarkan suaranya disini

pengecualian: tambahan satu penyanyi ini yang harus dimasukkan dalam list saya kali ini..dari semua penyanyi yang ada di atas tidak ada satupun yang manis dan renyah seperti penyanyi ini. walaupun saya baru mendengarkan beberapa lagu dari tiger baby, tapi pernille pang lah yang memberikan keseimbangan dengan memberikan sentuhan manis mempesona nan lembut…

11. Pernille Pang, vokalis band electropop asal denmark: tiger baby. dengan musik ceria yang catchy, suara pernille pang yang renyah dan manis didengar membuat lagu-lagu mereka sangat asik untuk disimak pada saat santai dan menikmati hari setelah lelah seharian… seperti kata pernille pang di lagu “shy”: i’m shy when i’m with you cause you’re not shy at all, habisnya suara anda memikat sekali sih.. Love Struck

11 pernille pang

info: darisini

dengarkan suaranya disini

sebenarnya masih ada penyanyi-penyanyi wanita favorit saya lainnya yang tidak kalah pantas masuk ke list namun sayangnya kurang beruntung masuk ke list saya kali ini, seperti: hope sandoval dari mazzy star/hope sandoval  & the warm invention (yang suaranya menenangkan sekali), shirley manson dari garbage, feist, florence welch dari florence and the machine, nina persson dari the cardigans, dolores o’riordan dari the cranberries, alison goldfrapp dari goldfrapp, tori amos, sarah mclachlan, angie heart dari frente!, dominique durand dari ivy, joanne catherall dari human league, annie lennox, alexandra dari cherry bomb shell, geike arnaert dari hooverphonic, tahita bulmer dari new young pony club, anja oyen vister dari flunk, olivia ong, dan masih banyak lagi lainnya

catatan: semua foto yang ada di postingan ini bukan hasil karya saya, saya cuma menggabung-gabungkan saja..saya dapat dari berbagai macam sumber, seperti: google, wikipedia, facebook dan lainnya..jika ada yang tersinggung dan minta diganti (agak kecil si h kemungkinannya, tapi siapa tau) tinggal kasih tau saya dan saya akan menghapusnya.

Now Playing: Stereolab – ost High Fidelity – Lo Boob Oscillator

7 responses

  1. f

    nice pick..

    March 4, 2010 at 11:34 am

  2. nice pick…

    salam kenal…..

    March 4, 2010 at 5:52 pm

    • maur si caur

      terima kasih, dan salam kenal juga!

      March 4, 2010 at 9:04 pm

  3. dadank

    satu lagi ,Mariska Veres from shocking blue…..having good time.!!

    March 4, 2011 at 11:18 pm

  4. setuju sekali dengan semuanya! numpang tambah versi saya bolehkah? (urutan acak):

    Roisin Murphy (Moloko)
    Alison Shaw (Cranes)
    Lou Rhodes (Lamb)
    Anneke Van Giersbergen (The Gathering/Agua de Annique)
    Kelli Ali (Sneaker Pimps)
    Christa Belle (Hungry Lucy)
    Kazu Makino (Blonde Redhead)
    Ritzy Bryan (The Joy Formidable)
    kaRIN (Collide)
    Chibi (The Birthday Massacre)

    -dee

    January 25, 2013 at 3:01 pm

    • maur si caur

      awesome list! :D

      January 27, 2013 at 11:02 am

  5. mute

    you’re really have a good tasted in music. i like ur blog actually.

    June 17, 2014 at 4:28 pm

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 480 other followers